Perencanaan Aplikasi menggunakan metode UCD

WEB APLIKASI UNTUK PEMBUATAN ARTIKEL

         A. Karena saya kurang yakin dengan apa yang akan saya buat dikarenakan belum mengetahui pasti akan hasil yang didapat, maka saya mencoba untuk membuat sebuah web aplikasi untuk membuat artikel karena saya menyukai artikel, hal ini belum pasti atau mungkin saja dapat berubah menjadi web aplikasi informasi atau apapun, akan tetapi tetap suatu web aplikasi.

          Ada beberapa contoh untuk web aplikasi pembuat artikel contoh, IDN Times. Saya sudah pernah membuat artikel dan di publish akan tetapi belum dapat dinikmati karena harus melalui meja redaksi editor untuk dilakukan pengkajian ulang apakah ada kesalahan ataupun ketidak sesuaian pada penuilsan.


B. Untuk gambaran kondisi dari apa yang akan menjadi interface dan menjadi persfektif masing-masing masih belum terpikirkan oleh saya sendiri akan seperti apa karena banyaknya ketidaksamaan pada hal yang disukai, sebagai contoh pada kondisi dari setiap pengguna/creator pada uraian dibawah ini :
 
Saya sebagai Pengelola/Creator/Editor/

1. Ramdan (Contoh Pengguna/ Creator)
2. 19 tahun
3. Laki-Laki
4. Mahasiswa (UMMI)
5. Penggunaan bahasa (INDONESIA)
6. Memahami dengan baik apa yang saya buat
7. Harus mampu memahami keinginan dari Penulis
8. Membuat interface yang memudahkan creator agar nyaman saat melakukan pembuatan artikel
9. Adanya fitur Report yang langsung terhubung ke E-Mail Editor yang hanya tersedia pada Akun yang terverifikasi
10. Pengembangan secara bertahap pada Menu dan lainnya

Sebagai Pengguna/Creator, Creator disini maksudnya adalah orang yang ingin menjadi penulis artikel. Pada umumnya harus memiliki akses untuk membuat artikel dengan memiliki akun atau menggunakan akun Google dan Sosial media dan sudah terverifikasi.

1. Nama
2. Usia
3. Jenis Kelamin
4. Pekerjaan
5. untuk para penulis mungkin hal yang menjadi patokan nyaman dan mampu menuangkan tulisan adalah pada interface yang user friendly dan juga adanya fitur bantuan pada web aplikasi tersebut
6. Pembuat artikel untuk pertama kali kadang bingung kapan dipublish nya artikel yang dibuat, maka pengelola akan mencoba membuat waktu deadline untuk memastikan jarak pada artikel yang dibuat apakah akan masuk kedalam menu yang dapat dibaca oleh netizen atau menjadikan artikel tersebut harus di revisi atau direject oleh editor.
7. Harus memahami bagaimana membuat artikel dengan standar yang sudah ada
8. Memahami bahasa yang digunakan
9. Berkemampuan untuk menggunakan kata-kata

C. Pengelola menyadari bahwa aktivitas membuat artikel tidak sulit hanya saja artikel harus dibuat dengan karangan kata yang cukup menarik para pembaca agar tidak bosan dan tentunya tidak kaku, maka uraian dibawah dari awal hingga akhir proses seharusnya mudah untuk dimengerti.

Creator memiliki akses dengan menggunakan akun sosial media atau melakukan pendaftaran sebagai anggota creator, setelah mendapat akses para pembuat artikel seharusnya mengetahui karakteristik dari apa yang akan dibuat, sebagai contoh jika kita akan membuat artikel yang memiliki tema kehidupan, maka dari ketentuan artikel itu sendiri seharusnya tidak keluar alur dari apa yang ditulis.

Kemudian pada tahap penulisan creator juga diberikan beberapa bantuan tools yang memudahkan untuk menyisipkan gambar dan menyisipkan akun sosial media, setelah penulisan selesai para penulis harus mempublish artikel mereka dan akan diterima oleh mejad redaksi editor dan melakukan pengkajian ulang dari judul, sub judul hingga ekstensi yang dimasukan. Selang beberapa hari seharusnya artikel tersebut keluar menjadi artikel yang dapat dilihat pada menu atau menjadi artikel yang tidak diterima atau harus direvisi terlebih dahulu karena mungkin ada kesalahan kata dan ketidak sesuaian pada penulisan. Tahapan kerja diatas merupakan bagian kecil yang belum ditulis semua karena ada cukup banyak bagian yang menjadi tambahan jika web aplikasi yang saya buat berhasil.

D. Adapun kendala yang harus saya selesaikan yaitu, cara menghubungkan akun sosial media/google dengan web aplikasi yang saya buat,melakukan forward message jika ada artikel yang diterbitkan dengan mengirimkan pesan melalui E-Mail kepada creator. hingga adanya pembuat artikel yang hanya iseng dan hanya memenuhi meja redaksi editor dan itu yang menjadi keluhan editor.

E. Solusi penyelesaian untuk masalah pada point diatas seharusnya dapat diselesaikan seiring dengan melakukan perbandingan dengan web aplikasi pembuat artikel yang sudah ada, dan juga dengan berjalannya waktu seharusnya semua permasalahan dapat pemecahan masalah dengan mencari codingan yang pas dengan yang dibutuhkan sistem.

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma Best First Search

KECERDASAN BUATAN